Selasa, 24 Juli 2012

Cara memindahkan aplikasi Android ke SD card TANPA ROOT, PALING MUDAH dan PALING AMPUH


siang all, pada puasa gak (bagi yg muslim)? kalo saya sih puasa dan alhamdulillah masih belum ada yg bolong hehehe, malu dong dah 16
tahun :mrgreen: , oke langsung ke pokok pembahasan nih, kemarin tuh smartphone saya lemot abis, dan saya cek memori teleponnya, busyet dah tinggal 5mb dari 50mb :surprised: , nih diakibatkan banyaknya aplikasi & game yg saya instal, kamu sendiri tau kan kalau instal aplikasi atau game android pasti rata-rata ke memori telepon, jadi saya cari informasi dah di google untuk memindahkannya, banyak sekali caranya, ada yg menggunakan app2sd yg jelas membingungkan dan smartphonenya harus yg udah di ROOT, jadi bagaimana buat yg smartphonenya masih perawan? :lol: , nah jadi saya mencari cara yang paling mudah dan ga mesti di ROOT, karena masih ada juga pengguna smartphone android ini yg belum tau/pernah me-ROOT androidnya, jadi langsung aja deh gini caranya:

1. Punya PC/Laptop (kalo ga punya pake cara yg lama dong/ pake app2sd)
2. Download disini nih bahannya
3. Driver Samsung KIES udah diinstal (driver hp kamulah krna saya menggunakan hp samsung)
4. ceklis USB Debugging caranya buka setting->applications->development->USB Debugging, seperti pada gambar dibawah
5. sumber yg tidak dikenali/unknow source juga di ceklis caranya buka setting->appplications->Unknown sources, seperti pada gambar dibawah
6. Bahan yg tadi kamu letakkan di PC/laptop kamu kemudian diekstrak (folder "move to SD", kamu pilih terserah dimana ekstraknya (recommended di desktop aja biar ga susah)
7. kamu colokkan android kamu dengan menggunakan kabel data ke laptop/pc, (di hpnya kalo ada keluar notifikasi atau apa aja, gausah diganggu karena biasanya itu untuk penyimpanan data, sedangkan ini tidak membutuhkannya, jadi gausah diganggu smartphonenya)
8. kemudian buka Enable move to sd card.bat, seperti gambar dibawah, sampai terdeteksi hp kamu


9. HPnya jgn dicabut dulu untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, silakan masuk ke setting->applications->manage applications. Lalu sentuh aplikasi yang ingin dipindahkan dengan memilih tombol “Move to SD card”
10. liat sebelum sama sesudahnya

SEBELUM

SESUDAH


dari tulisan saya terlihat rumit karena banyak banget tulisannya, padahal kalau dipraktekan ga susah alias sangat mudah, saya buat seperti itu biar mudah memahaminya oh iya, setelah di gituin kalo mau mindahin ke sd card lagi sepertinya tidak usah masukkan ke PC lagi, langsung aja udah bisa kayaknya.
sekian :)

14 komentar:

jami mengatakan...

Gan kalo pas di cmd itu ada ket driver not found itu salahnya dmn?

Yuma Panji Perkasa mengatakan...

ada kemungkinan di drivernya belum di instal gan, coba instal dlu driver agan, kalo belum bisa juga cek di kabel data gan..
thnx :)

Danni Tristalavista mengatakan...

tdk berfungsi gan... hp ane sony xperia.. mohon petunjuk gan....

Yuma Panji Perkasa mengatakan...

@danni: jelaskan kronologis yg ga bisanya gan, apakah udah sesuai dengan cara yg diatas? atau ada kesalahan lain mungkin, trims

Industrial Maintenance mengatakan...

pak, habis instal move2sd, debugging usb nya boleh di aktifkan lagi tidak?

Armstrong mengatakan...

kalau mindahin app dari SD card ke pc gimana ya? saya mau mindahin games, tapi tidak tau caranya

motivator indonesia mengatakan...

pak kok saya masih tidak bisa ya,, padahal sudah saya instal tu installer_r16-windows

percetakan jakarta mengatakan...

kalau pakai samsung galaxy y bisa tidak pak?

Lemari Pakaian mengatakan...

pakai system operasi android berapa pak?

alat berat mengatakan...

pak mau tanya kenapa di samsung galaxy note 10.1 tidak bisa ke instal ya cara memindahkan aplikasi ke sd card

water filter mengatakan...

App2SD di HP Galaxy young kok mau di pindah tp ada tulisan kalo minta di root dulu yah pak?

Web Design Indonesia mengatakan...

File Berbentuk apa pak?

pressure gauge mengatakan...

pak aku sudah coba semuanya tapi tetap tidak bisa,aku pakai Mito T300

pompa sumersible mengatakan...

pc sama hp nya tidak mau sinkron,tidak tau kenapa.mohon bimbingannya

Poskan Komentar

Please komentar dengan baik dan sopan NO SARA..
Untuk emoticon ini kode-kodenya:
:) | :D | :p | :( | ;) | :| | o:) | :x | :x | :)) | :-* | :-o

:-/ | :-t | x( | ;)) | ;;) | =(( | 8-} | :)] | ~x( | b-( | :-L

NB: Tanda | hanya untuk pemisah jadi jika | :| | tulis :|